Andhara Fachsa Rilis Lagu “Sendiri”, Ini Dia Kisah Menariknya

Andhara Fachsa

Ini bukan cerita fiksi. Ini cerita nyata. Cerita tentang Andhara Fachsa. Ya, penyanyi berusia 18 tahun ini baru saja meluncurkan album single-nya yang berjudul “Sendiri”.

Ada kisah menarik yang mengiringi lahirnya single ini. Sejatinya, lagu yang dihadirkan Andhara Fachsa ini rilis 20 tahun lalu. Sang pencipta lagu adalah Litta Fachsa, yang merupakan vokalis band Rowman Ungu saat itu. Namun, karena suatu sebab, karya itu gagal menetas.

Lagu itu pun terpendam selama dua dekade. Hingga akhirnya, lagu itu muncul kembali ketika dapat slot mentas.

Penyanyinya, bukan lagi musisi tempo doeloe. Tapi, Andhara Fachsa.

Di sinilah kisah menariknya. Ternyata, ada keterkaitan antara si cantik Andhara Fachsa dengan pencipta lagu itu, Litta Fachsa. Dia adalah ibu Andhara Fachsa.

Kedua penyanyi beda generasi itu terkait tanpa sengaja dengan Rowman Ungu. Bedanya, yang satu teman satu band. Satunya, penyanyi dengan produser. Rowman mengawal penuh mengudaranya single pertama Andhara, dari lini aransemen sampai promosinya.

“Dibilang lucu, iya. Sengaja, tapi enggak. Semua mengalir tanpa rencana. Siapa yang nyangka lagu mau dirilis sama band ibunya, kini dinyanyikan anaknya,” kata Rowman bernostalgia.

Sebenarnya single “Sendiri” sudah siap tempur pada medio 2022. Sebuah lagu yang membuka lembaran baru Andhara Fachsa sebagai solois. Entah mengapa ada ganjalan yang membuat Andhara dan Litta dikepung galau. Ada lirik dan nada yang belum maksimal tereksplor.

“Rekaman pertama lagu ini, sekitar bulan April 2022. Setelah aku dan bunda dengar berulang kali, kok kayak belum puas. Aku khawatir lirik dan aransemennya rada oldies. Beruntung, kami dipertemukan om Rowman. Setelah diskusi matang dengan bunda dan om Rowman siap membantu, aku merekam ulang lagu ini dengan aransemen kekinian,” tutur Andhara di Jakarta, 7 Maret 2023.

Metamorfosis Karier Andhara Fachsa

Medio 2021 jadi pijakan awal pemilik nama lengkap Salwa Andhara Fachsa di ranah showbiz. Andhara tergabung dalam girl band, Dreamgirls. Ia ditunjuk jadi lead vocal sekaligus spokesperson. Namun tak sampai hitungan setahun, kuintet itu vakum.

Andhara tak mau putus berkarya. Mahasiswi semester 2 jurusan Marketing Communication Binus, yang pernah mengikuti berbagai ajang pencarian bakat. Anak kedua dari tiga bersaudara ini akhirnya memutuskan jadi solois. Selain “Sendiri”, remaja kelahiran Bandung 30 Mei 2004 tersebut punya tabungan 5 lagu lain yang ia tulis berkolaborasi dengan bundanya.

“Iya sih, single pertama aku lagunya ciptaan bunda. Kenapa? memang aku suka banget sama lagu itu dan aransemennya sudah dipoles cantik oleh orang terdekat yang kompeten di dunianya. Aku berharap lagu ini bisa diterima baik oleh masyarakat pecinta musik di indonesia. Aku juga senang dan tidak menutup mata jika ada kritik atau komentar warganet dari lagu ‘Sendiri’,” ungkap penggemar Mahalini ini.

Andhara melanjutkan, lagu ini berkisah tentang seorang yang terus menunggu pasangannya. Meski penat menanti dengan hati lelah, dia terus bersabar. Sayang, orang yang dicintainya seakan tidak peduli, hingga ia mantap melupakan cintanya dan tetap semangat meski dalam kesendirian. Hal senada, namun lebih detail, juga diungkap sang pencipta lagu seputar proses kreatif terbitnya lagu itu.

“Judul awalnya ‘Aku Tak Peduli’. Setelah dipikir, lebih simpel ‘Sendiri’. Lagu ini rampung kurang lebih dua hari. Cerita tentang seseorang yang tadinya bahagia, kemudian ditinggal pasangannya. Ia masih setia dan mengharapkan cintanya kembali. Setelah lelah dalam hampa dan penantian, ia memutuskan untuk sendiri. Pesan lagu ini, jangan menunggu sesuatu yang tak pasti. Lagu ini baik untuk move on dan menyemangati hati yang pernah terpuruk,” beber Litta Fachsa.(*)