Penampilan IKPM Sumut Yogyakarta Gelar Budaya Etnis 2023

Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Sumatera Utara Yogyakarta tampil dalam acara Gelar Budaya ETNIS “Selendang Sutera 2023″ dengan tema ” terus maju dalam keberagaman, melaju untuk kebersamaan”

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 7-9 September di Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Yogyakarta tersebut, dan kegiatan tersebut di iikuti oleh perwakilan 34 Provinsi yg tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa daerah Indonesia Yogyakarta (IKPMDI-Y). Salah satunya IKPM SUMUT DIY).

Mahasiswa-mahasiswi sumatera utara Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti kegiatan. Proses latihan berjalan kurang lebih 1 bulan, bekerja sama dengan keluarga seni batak Yogyakarta mengambil tema yaitu “Tari Holong Si Gona “ Tarian ini juga menggambarkan perasaan muda-mudi saat berada di acara adat gondang naposo. Dimana mereka perkenalan, berinteraksi, menari, dan marhusip-husip hingga akhirnya menikah. Penata Tari : Rahid Penata Musik : Wandy Putra Sitanggang

Gelar Budaya Etnis Selendang Sutera 2023 yang di selenggarakan oleh dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kundha Kabudayan) sangat antusias, kegiatan Gelar Budaya Etnis diselenggarakan guna untuk mengenalkan kesenian daerah masing-masing selain itu kegiatan tersebut ajang silaturahim mahasiswa antar Daerah indonesia.

Fajar Sumardhan Ketua Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Sumatera Utara Yogyakarta berharap , kepada seluruh mahasiswa Sumut yang ada di Yogyakarta terus berkreasi, menunjukkan kemampuan terbaiknya, walaupun jauh dari kampung halaman, dan kepada Pemprov Sumatera Utara, dapat mendukung seluruh hal positif yang dilakukan oleh mahasiswa Sumut yang di Yogyakarta, jangan acuh tak acuh, terakhir saya berharap, kepada seluruh mahasiswa Sumut, terus memperkenalkan budaya Sumut ditanah rantau terutama di Yogyakarta”