Ma’ruf Amin Imbau Masyarakat Jadikan Momentum Isra Mikraj untuk Perbaiki Shalat

KLIKSAJA.CO – Menghadiri peringatan Isra Mikraj Tahun 2022M/1443 H, Wapres KH Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk menjadikan momentum ini sebagai sarana memperbaiki salat, agar tercipta ketenangan hidup.

Hal itu disampaikannya melalui video conference pada peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan yang mengusung tema “Teguhkan Semangat Beragama dan Berbangsa”.

“Salat dapat membawa ketenangan hidup, seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an “dirikanlah salat untuk mengingat aku (Allah)”, kemudian ada juga “hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram”. Artinya salat akan membawa ketenangan hati setiap orang yang melakukannya,” ungkap Wapres saat memberi sambutan dalam acara yang digelar secara daring dan luring dari Auditorium HM Rasiidi Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Senin (28/02/2022).

Menurutnya, dalam ajaran Islam, salat merupakan tiang agama. Orang yang melaksanakannya dianggap sebagai penegak agama, sementara bagi yang meninggalkannya dianggap sebagai perusak agama.

“Karena begitu pentingnya menjaga salat sehingga akan dihisab pertama kali sebelum amal-amal yang lain. Apabila salatnya dianggap baik maka amal yang lain berpotensi untuk lolos, sebaliknya, jika salatnya dianggap kurang baik maka amal baik yang lain berpotensi untuk tidak lolos,” jelasnya.

Wapres menjelaskan, pahala salat selain di akhirat, juga akan berdampak positif bagi para pelakunya di dunia. “Seperti yang digambarkan Al-Qur’an “barang siapa yang mengerjakan kebajikan baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik”. Baik itu kebaikan berupa kesehatan, ketenangan, bisa juga bersifat materi,” imbuhnya.