Direktorat Jendral Pajak Kota Batam Adakan Kegiatan Lapor Pajak Untuk Masyarakat Kota Batam

Batam- Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kota Batam  mengarahkan relawan pajak untuk dapat membuka kegiatan pelaporan pajak yang diadakan di Mega Mall Kecamatan Batam Kota, KotaBatam pada hari Sabtu (25/3/2023).  Kegiatan tersebut dinamai dengan Lapor Pajak yang diawasi langsung oleh lembaga resmi yang mengatur jalannya perpajakan di Indonesia.

 

Pada Hari Sabtu tanggal 25 Maret 2023 DJP Kota Batam bersamaan dengan Relawan Pajak membuka kegiatan lapor pajak yang diadakan di Mega Mall. Kegiatan dilangsungkan  dengan tujuan memberikan kesempatan kepada warga setempat yang tidak sempat membuat laporan mengenai pembayaran pajak. Kegiatan berlansung selama dua hari yakni sampai pada hari Minggu 26 Maret 2023.

Diraktorat Jendral Pajak atau yang biasa disingkat dengan DJP adalah sebuah lembaga yang yang berada pada naungan Kementrian Keuangan. DJP memiliki tugas antara lain yaitu merumuskan segala bentuk kebijakan yang berhubungan dengan perpajakan mengawasi jalannya pelayanan pajak di Indonesia. Salah satu agenda yang biasa dilakukan oleh DJP adalah mengadakan penyuluhan mengenai tata cara pembayaran dan pengelolaan pajak kepada masyarakat yang masih tabu mengenai sistem perpajakan.

“Tujuan dari agenda ini yaitu untuk memudahkan masyarakat yang belum sempat melapor mengenai pajak pribadi tahunan” ujar salah satu relawan.

Mayarakat yang tergolong kedalam kategori taat peraturan tentunya memliki kesadaran tersendiri untuk dapat membayarkan kewajiban pajak tahunan kepada pihak yang memiliki kewenangan untuk mengelola pajak yang dibayarkan oleh warga setiap tahunnya. 

Pada beberapa kasus yang sering terjadi dilapangan , sering ditemukan adanya warga yang masih belum mengerti tata cara pelaporan dan pembayaran pajak yang baik dan benar. Oleh karenanya DJP (Direktorat Jendral Pajak) Kota Batam mencoba mengambil jalan penyuluhan sebagai sarana bagi masyarakat yang ingin memahami bagaimana tata cara pelaporan pajak yang benar.

“Kegiatan ini diadakan di pojok Mega Mall dalam rangka melayani masyarakat yang mungkin berkunjung ke Mega Mall Batam untuk bersantai sambil  mengadakan konsultasi terkait SPT tahunan” Ujar Bapak Ronald Situmorang selaku pengawas yang juga ikut serta dalam penyelenggaraan kegiatan lapor pajak di Mega Mall Kota Batam.

Pihak DJP Kota Batam berencana akan mengadakan agenda lapor pajak secara Continue agar pemahaman mengenai prosedur pelaporan pajak dapat tersebar dengan merata kepada kemasyarakat umum. Pihak DJP dengan senang hati mendatangi tempat-tempat yang bersedia untuk antusias merealisasikan program yang direncanakan oleh DJP Kota Batam.