Tanggapi Isu Penundaan Pemilu 2024, Ketum PBNU Minta Adakan Dialog Bersama

KLIKSAJA.CO – Usulan penundaan pemilu 2024 kembali menuai reaksi tokoh publik, kali ini Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf yang meminta agar diadakan dialog bersama untuk membahas usulan tersebut.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh KH Yahya di Pondok Pesantren Darussalam di Pinagar kepada awak media, Senin (28/02/2022).

“Ada usulan penundaan pemilu dan saya rasa ini masuk akal mengingat berbagai persoalan yang muncul dan dihadapi bangsa ini,” kata KH Yahya.

Menurut Yahya Staquf, usulan penundaan pemilu ini masuk akal dengan keadaan Indonesia saat ini dan juga minta agar usulan tersebut dapat didudukkan bersama oleh seluruh pihak untuk mencari solusi terbaik bagi bangsa ini.

“Nanti kita lihat apa saja yang perlu dilakukan untuk mengurangi beban bangsa ini,” kata Yahya.

Menurutnya, seluruh pihak dapat melihat banyak cobaan yang datang bertubi-tubi dan musibah terjadi tidak hanya di Indonesia, tapi juga dirasakan di seluruh dunia. Mulai dari pandemi COVID-19 kemudian banjir beberapa waktu lalu hingga gempa bumi pada saat ini. Dia mengatakan keadaan yang sulit tidak hanya dihadapi Indonesia, tapi juga dunia.

“Kunci hadapi harus luwes dan ulet supaya bisa mengatasi beban yang ada,” kata dia.

Apalagi saat ini pemerintah daerah terus menyesuaikan diri dengan APBD mereka karena persoalan bencana tidak terjuklak dengan baik dan harus disesuaikan.